Headlines News :
Home » » James Julian Assange Bond Pemegang Rahasia Dunia

James Julian Assange Bond Pemegang Rahasia Dunia

Written By Ope on Saturday 20 August 2011 | 15:38

By Ope
 
Seandainya ditanya, berita apa paling heboh di dunia saat ini ? saya yakin hampir semua pasti menjawab kebocoran country secret. Apabila ditanya situs paling heboh yang mungkin trafficnya meningkat tajam dalam sekejap dan tidak mustahil mengalahkan traffic mbah gugel atau om facebook , pasti orang banyak menjawab wikileaks. Dan apa bila ditanya siapa orang paling terkenal di dunia saat ini pasti banyak orang yang menjawab “Julian Assange”. Ya, tiga jawaban tiga pertanyaan diatas semuanya satu kesatuan dan saling berkaitan, berbicara Julian pasti berbicara mengenai wikileaks dan berbicara wikileaks pasti terkait dengan dokumen rahasia negara terutama negeri  paman sam.
Sebelum berbicara wikileaks, kita cari tahu dulu siapa itu Julian Assange yang tiba tiba melejit menjadi orang nomor satu di dunia melebihi kepopuleran artis artis Hollywood (rada lebay dikit). Julian paul assange (39) lahir di Queenslad Australia , Ibu nya bernama Christine (hacker internasional). Pada usia 14 tahun Julian sering berpindah pindah, tercatat sudah 37 kali ia berpindah pindah tempat. Ini juga berimbas pada sekolah dan kuliahnya yang sering berpindah pindah. Menurut catatan Julian belajar hacking secara otodidak dan bakat hacking nya sudah terlihat sejak ia kecil. Pada usia 16 tahun Julian perah membuat trik menjebol server dan pernah membuat International Subversives. Tahun 1991 ditangkap oleh kepolisian kanada karena menghack 24 server rahasia. Kemudian Julian dilepas lagi dengan tebusan 2100 Dolar Australia.
Tahun 2006 bersama 5 temanya mendirikan situs wikileaks dengan tujuan untuk menciptakan transparansi melalui publis dokumen dokumen penting tanpa membuka sumber sumbernya sebagai kode etik jurnalistik. Berita beritanya memang selalu menghebohkan dan ditunggu oleh pembacanya di seluruh dunia. Situs ini adalah situs nonprofit, pendanaan situs ini berasal dari para donatur pengunjung. Berkat wikileaks yang melejit Julian banyak mendapat penghargaan internasional diantaranya
AmnestyInternationalpada2009
EconomistIndex on Cencorship pada 2008
Sam AdamsAward pada 2010
Tokoh 25visioner dunia majalah Utne Reader
Person Of The Year 2010 majalah Time
Komitmennya terhadap transparansi pemerintahan dunia terutama aktivitas belakang layar Negara Negara pengusasa macam US, UK dll, akhirnya mendorong dirinya untuk membuka  dokumen diplomatic US yang berisi rahasia negara,  tentunya menyangkut berbagai Negara Negara di dunia mengingat data tersebut diambil dari kabel diplomatik US di seluruh dunia. Julian mengklaim dia telah berhasil mengumpulkan 250 ribu dokumen rahasia yang siap di publis lewat wikileaks secara bertahap. Sampai saat ini baru beberapa ratus yang dipublis, dan sudah membuat beberapa Negara kebakaran jenggot terutama US dan UK. US tentu menjadi sasaran utama, karena dengan di bongkarnya dokumen ini membuat semua Negara di dunia tahu aktivitas US aslinya di belakang layar. Sementara UK benar benar merasa tak punya baju pelindung lagi setelah system pertahanannya di bocorkan melalui dokumen wikileaks , sehingga Negara lain mungkin bisa mengukur sejauh  mana kekuatan inggris.
Keberanianya membuka rahasia Negara, membuat assange menjadi buron no 1 di dunia. Negara Negara seperti US, UK, swedia dll yang sudah merasa kebakaran jenggot langsung memburu hacker kelas kakap tersebut. Namun, anehnya justru pasal yang menjerat Julian oleh kepolisian Swedia adalah tuduhan pelecehan seksual (aneh memang :p),, banyak pengamat politik dunia, ini hanya trik politik saja, mungkin saja setelah di tangkap lebih berat lagi. Sebagai bentuk perlawanan di dunia maya terhadap Julian, dimulai dari didepaknya wikileaks dari hosting amazon.com dengan dalih servernya banyak diserang hacker dan akan merusak semua server. Perlawanan lainya adalah dengan di bekukanya akun paypal milik wikileaks yg jumlahnya sekitar $200rb  dan penghentian transaksi donasi melalui mastercard.
Apakah Julian menyerah? Tidak justru Julian tidak menyerah, situsnya dipindah kan ke server eropa di swiss menjadi wikileaks.ch, dan para hacker pendukungnya yang menamakan dirinya anonymous membantu balas dendam dengan melumpuhkan server mastercard dan payal. Paypal yg tidak mau ambil resiko akhirnya menyatakan bawah uang wikileaks akan dikembalikan tapi akun tetap di tutup. Para pendukungnya ini mengancam siapa aja yg melawan wikileaks akan di lawan. Menurut kabar terkini assange akhirnya ditangkap di London, namun assange tetap tidak menyerah dan balik mengancam lawan-lawanya yang nota bene adalah Negara semua, bahwa dia akan membuka semua dokumen rahasia sisanya yang mencapai 250 ribu dengan total 1,4 giga dan terenkripsi dengan 250 digit pin. File file sudah disebar memalui web dan telah di unduh puluhan ribu orang didunia namun passwordnya belum di berikan Julian. Sampai saat ini belum ada Negara atau individu yang mampu membukanya. Seandainya ini terjadi, saya sendiri tidak bisa membayangkan bagai mana nantinya kondisi politik dan diplomasi dunia. Saya yakin pasti ada Negara yang tertawa melihat ini, ada yang tekejut bahkan ada yang marah karena hal ini. Tentunya ini sedikit mengganggu perdamaian dunia, apalagi apabila file-file mengenai Negara konflik macam korea di buka bisa semakin panas, dimana sekarang kedua Negara tersebut sedang “main tembak tembakan”.
Bagaimana dengan Negara kita? Tentu saja kita juga perlu memonitor karena menurut assange ada 3000 file lebih menyangkut Indonesia, sementara yg keluar kalo tidak salah baru satu itupun tidak terlalu mengejutkan. Yang sekarang di cemaskan justru sekarang file file lainya, kalo ada rahasia lain yg disembunyikan US maka kita bisa tahu dan menilai bagaimana US sebenarnya terhadap kita di balik layar sandiwara dunia :P . Banyak yang menanyakan, pentingkah assange melakukan semua ini? Kalo menurut pendapat saya sebenarnya tidak terlalu etis, mengingat ini menyangkut rahasia yang perlu dijaga, saya yakin setiap Negara juga pasti punya rahasia termasuk Negara kita. Coba bayangkan jika rahasia Negara kita yang di obral, mungkin kita juga akan marah. Tapi kalo melihat yang di buka adalah rahasia US, saya juga tidak mengatakan tidak penting, mengingat US adalah salah satu aktor sentral dipanggung dunia, yang tentunya banyak menjalin kepentingan dengan banyak Negara, keterbukaan menjadi suatu hal yang patut di pantau karena mungkin saja menyangkut Negara kita baik itu pertahanan, ekonomi, kedaulatan dll.
Sepak terjang assange melalui wikileaknya dalam mengungkap konspirasi dunia jelas melampaui berbagai aksi spionase berbagai negara termasuk US. Bisa dikatakan, mungkin Julian assange lebih sakti dibandingkan intel hahaha….bayangkan saja, mungkin dengan aksi spionase belum tentu bisa didapatkan dokumen dokumen tersebut bahkan bisa mempereteli system pertahanan Negara hanya dengan jaringan dunia maya dan keahlian jari tangan :D . James bond saja memerlukan berbagai alat alat canggih termasuk mobil terbang untuk mendapatkan rahasia negara. Sementara assange hanya dengan internet bisa mengambil rahasia Negara diseluruh dunia wkakakak….Mungkin slogan Telkom sekarang lebih cocok buat assange “The World In Your Hand” hahaha….Saya merekomendasikan Julian Assange Jadi Bintang James Bond berikutnya.
Sumber
Tribunnews.com
Kompas.com
Foto : tribunnews.com

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Powered by Seven Fashion | Member of Seven Network | Manage by Seven Media
Copyright © 2013. opezone.blogspot.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger